Search Suggest

Pengertian Sholat dan Kedudukan Sholat dalam Agama Islam

Mashasan.com - Sejatinya tujuan manusia di ciptakan di dunia ini tidak hanya mencari rezeki, makan, minum dan lain sebagainya. Akan tetapi tujuan utama diciptakannya manusia di dunia ini adalah tidak lain dan tidak bukan melainkan hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala dan tidak mensekutukannya sedikitpun. Kemudian apa sih pengertian dan kedudukan sholat dalam Agama Islam?
Baca Juga

Mashasan.com - Sejatinya tujuan manusia di ciptakan di dunia ini tidak hanya mencari rezeki, makan, minum dan lain sebagainya. Akan tetapi tujuan utama diciptakannya manusia di dunia ini adalah tidak lain dan tidak bukan melainkan hanya untuk beribadah kepada Allah Ta’ala dan tidak mensekutukannya sedikitpun. Sebagaimana Allah berfirman dalam Al-Qur’an :

“Aku tidak mencipatakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku” (Q.S. Az Zariyat : 56)

Oleh karena itu bentuk ibadah kita sebagai umat Muslim adalah Sholat 5 waktu dalam satu hari satu malam. Dan sholat merupakan amalan yang pertama kali dihisab oleh Allah Ta’ala pada hari kiamat kelak, dan sholat juga tolak ukur baiknya seseorang itu, jika ibadah (Sholat) baik insya Allah semua tingkah lakunya pun akan baik pula.



Kemudian apa sih pengertian dan kedudukan sholat dalam Agama Islam?

Pengertian Sholat 

Sholat dalam Bahasa adalah doa, kenapa oleh syariat islam dinamakan dengan sholat? Karena di dalamnya terkandung doa-doa.

Sedangkan menurut istilah sholat adalah beribadah hanya ditujukan kepada Allah semata tanpa mensekutukannya sedikitpun dalam beribadah, baik dengan perkataan maupun perbuatan yang telah Allah Ta’ala tetapkan, yang diawali oleh takbir ikhrom dan ditutup dengan salam, disertai dengan niat, dan syarat-syarat yang telah ditentukan.

Kedudukan Sholat Dalam Agama Islam

Kedudukan sholat dalam Agama Islam setidaknya ada 8 kedudukan atau keistimewaan yaitu :

1. Sholat adalah penegas dari berbagai kewajiban. Sholat memiliki kedudukan yang sangat istimewa.sholat juga adalah kewajiban seorang muslim setelah mengucapkan dua kalimat syahadat (persaksian), dan juga termasuk dalam rukun Islam yang ke dua setelah syahadat. Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah hadits Rosulullah yang diriwayatkan dari Umar, bahwasanya Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Wa Salam bersabda :

”Islam dibangun atas lima – hal - ; 1. Bersaksi bahwa tiada tuhan (yang berhak disembah) kecuali Allah semata dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji, dan puasa pada bulan Ramadhan.” (Hadis Shohih Riwayat Al Bukhori dan Muslim)

2. Syariat Islam sangat tegas dalam memperingatkan kepada seseorang yang  maninggalkan ibadah sholat, sampai-sampai Rosulullah menyamakan orang yang meninggalkan sholat dengan orang kafir. Tentunya ada Batasan-batasan hukum yang harus dikaji kembali ketika menghukumi seseorang, apakah seseorang meninggalkan sholat karena malas, atau memang meniadakan sholat itu sendiri.

Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Wa Salam bersabda :

“Sesungguhya – perbedaan – antara seorang (muslim) dengan syirik dan kufur adalah meninggalkan sholat.” (Hadis Shohih Riwayat Muslim, Abu Daud, An Nasa’I, dan perawi lain)

3. Sholat adalah tiang agama. Ibaratkan sebuah Gedung tanpa tiang maka ia pasti mudah untuk dihancurkan, begitupun dengan Agama Islam itu sendiri, tidak akan tegak kecuali dengan sholat itu, sebagaimana sabda Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Wa Salam yang berbunyi :

“Pokok perkara adalah Islam, tiangnya adalah sholat, dan puncaknya tertinggi adalah jihad di jalan Allah” (Hadis Shohih Riwayat At Tirmidzi, An Nasa’I, dan Ibnu Majah)

4. Sholat adalah ibadah yang pertama kali yang akan dihisab (dihitung) oleh Allah Ta’ala. 
Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Wa Salam bersabda :

“Hal pertama yang akan dihisab atas seorang hamba pada hari kiamat adalah sholat, jika ia baik maka ia beruntung dan selamat, namun jika rusak makai a akan sengsara dan merugi.”

5. Sholat adalah kegembiraan Nabi Muhammad Sholallahu ‘Alaihi Wa Salam dalam hidupnya, yaitu semua kegembiraan Rosulullah dijadikan dalam sholat beliau.

Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Wa Salam bersabda :

“Kegembiraanku dijadikan dalam sholat.”

6. Sholat adalah isi pesan Nabi Muhammad kepada umatnya ketika beliau dipanggil oleh Allah Ta'ala,  

Rosulullah Sholallahu ‘Alaihi Wa Salam bersabda :

" Jagalah sholat dan berlaku baiklah kepada budak-budak yang kalian miliki"

7. Sholat adalah ibadah yang tidak bisa lepas yang dibebani oleh seorang mukalaf (dibebani kewajiban), ada keharusan untuk mengerjakannya seumur hidupnya dan tidak akan gugur dalam keadaan apapaun, sampai-sampai seorang yang sakit pun tidak boleh meninggalkan sholat, karena apabila seseorang tidak bisa sholat dengan cara berdiri maka sholatlah dengan cara bersandar, dan apabila tidak bisa, maka sholat dengan cara berbaring.

8. Sholat mempunyai keutamaan yang tidak terdapat pada ibadah-ibadah yang lain, diantaranya adalah :

  • Sholat adalah kewajiban yang paling banyak disebutkan dalam Al Qur’an Al Karim.
  • Sholat adalah ibadah pertama yang diwajibkan oleh Allah untuk hamba-hamba-Nya.
  • Sholat adalah ibadah yang dilaksanakan lima kali dalam sehari semalam.

Dengan pemaparan pengertian sholat dan kedudukan sholat itu sendiri, semoga bisa kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari kita, dan tetap semnagat dalam beribadah,  Fastabiqul Khoirot,,

“Berlomba-lombalah dalam kebaikan”

Wallahu A’lam,,,

Referensi : Fikih Sholat Lengkap Menurut 17 Imam Besar. Ibnu Amin Yasin, Abu Yasmin. Pustaka Azzam

Penutup

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Pengertian Sholat dan Kedudukan Sholat dalam Agama Islam. Semoga Bisa Menambah Pengetahuan Kita Semua.👋

Tag : #Fiqih

Posting Komentar